Jumat, 06 Januari 2012

Keluarga yang Ideal


Keluarga yang ideal adalah keluarga yang memiliki keharmonisan dalam setiap kehidupan yang dilaluinya. Didalam sebuah keluarga diperlukan adanya keterbukaan dan kepercayaan satu sama lain. Keterbukaan dan kepercayaan yang dimaksud misalnya ayah bekerja mencari nafkah untuk kehidupan keluarganya namun didalam dunia kerja itu harus menjaga kepercayaan yang diberikan oleh istrinya dengan tidak bermain mata dibelakang istrinya.
Begitu juga seorang ibu harus selalu memberikan perhatian dikala suaminya sedang lelah dan butuh sandaran untuk melepaskan penatnya selama bekerja. Seorang ibu yang baik juga setidaknya memberikan perhatian kepada sang anak apalagi disaat anak itu beranjak dewasa karena masa itu dimana seorang anak menjadi labil dan mencari jati dirinya. Tapi bukan berarti seorang ibu harus melarang anaknya untuk menjajaki dunia luar tapi setidaknya berilah anak itu kebebasan yang dalam pengontrolan orangtua. Karena bila anak itu terlalu dikekang dia akan berontak dan akhirnya timbullah ketidakharmonisan didalam keluarga itu sendiri. Dan sebagai seorang anak kita juga harus berusaha untuk terbuka kepada orangtua walaupun nantinya kita mendapat kenyataan yang pahit tapi dengan begitu kita bisa menjelaskan apa yang kita mau secara baik kepada orangtua kita.
Keluarga yang ideal bukan hanya dipandang dari segi individu keluarga itu sendiri tapi dari kehidupan bermasyarakatnya. Misal dengan mengikuti suatu acara yang diadakan oleh rt setempat seperti ayah mengikuti kerja bakti yang biasanya dilaksanakan setiap hari minggu, seorang ibu mengikuti arisan rt dan seorang anak yang mengikuti karang taruna. Keaktifan keluarga itu dalam sebuah perkumpulan masyarakat member penilaian yang baik terhadap keluarga itu sendiri. Dan itu salah satunya keluarga ideal dikehidupan sosialnya. 






nama : dewi rahmawati
kelas:1ka07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar