Jumat, 06 Januari 2012

budaya betawi di situ babakan

Budaya Betawi di Situ Babakan

Situ Babakan terletak di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Nama situ babakan sebenarnya adalah nama dari sebuah danau yang luasnya hingga 32 hektar. Dikawasan ini kita dapat melihat tradisi dan kesenian rakyat betawi terlihat dari desain rumahnya, makanan khasnya,dll. Disana rata-rata rumah berasitektur betawi bahkan ada sebuah masjid bernama at-taubah bercorak khas betawi. Sedangkan di danaunya banyak orang yang memancing dan bermain kano, mainan khas betawi. Disekitar pinggir-pinggir danau terdapat banyak penjual makanan khas betawi seperti kerak telor, soto betawi, bir pletok, roti buaya, dodol betawi,dll. Selain berbagai makanan khas betawi banyak juga para penjual souvenir lucu dan unik khas betawi seperti kaos bergambar tokoh betawi. Dalam perjalanan pun lantunan lagu kompor meleduk karya almarhum benyamin diputarkan oleh para penjual vcd player.
Sesampainya di perkampungan itu terdapat sebuah tangga pendek dan gerbang yang menyambut kita. Dan disitu ada beberapa orang memakai pakaian berwarna hitam plus peci dengan berkalung kain sarung dileher ala si pitung. Ciri masyarakat betawi yang terbuka dan gemar bergaul tertuang dalam bentuk beranda rumah yang dipakai untuk menerima tamu. Beranda rumah itu biasa disebut bale dan sering digunakan berkumpul dengan kerabat dekat. Dikawasan perkampungan ini juga biasa diadakan pertunjukkan seni khas betawi seperti tari-tarian, topeng betawi, lenong, pencak silat dan gambang kromong yang biasanya diselenggarakan setiap minggu pukul 2 siang hingga 5 sore.
Budaya betawi sebenarnya mengajarkan kita untuk beramah tamah terhadap sesame saudara sebangsa dan setanah air, dan dari artikel ini perkampungan betawi di situ babakan perlu dijadikan contoh kalau kita harus melestarikan budaya kita agar tidak diambil oleh negara lain dan untuk saya dampak negatif dari kebudayaan ini tidak begitu menonjol.




nama : dewi rahmawati
kelas : 1ka07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar