Selasa, 01 Januari 2013


PARIS


BAB I PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang

Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia.
Definisi yang lebih lengkap, turisme adalah industri jasa. Mereka menangani jasa mulai dari transportasi, jasa keramahan, tempat tinggal, makanan, minuman, dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, keamanan, dll. Dan juga menawarkan tempat istrihat, budaya, pelarian, petualangan, dan pengalaman baru dan berbeda lainnya.
Banyak negara, bergantung banyak dari industri pariwisata ini sebagai sumber pajak dan pendapatan untuk perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh Organisasi Non-Pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal.
Menurut Undang Undang No. 10/2009 tentang Kepariwisataan, yang dimaksud dengan pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan Masyarakat, Pengusaha, Pemerintah dan Pemerintah Daerah.
Dari sekian banyak objek pariwisata di dunia, kawasan wisata di benua Eropa adalah kawasan yang menjadi sasaran utama para wisatawan. Salah satunya Perancis, Paris adalah salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Karena di Paris kota yang dijuluki kota romantis didunia ini memiliki 5 tempat terindah yang wajib kita kunjungi. Selain itu, wisata kuliner di Paris pun tidak boleh ketinggalan. Dan satu lagi pusat perbelanjaan yang diminati oleh para wisatawan yang singgah di kota romantis itu.

1.2   Tujuan Penulisan

1.      Apa saja 5 tempat terindah di kota Paris?
2.      Wisata Kuliner apa yang sering dikunjungi para wisatawan di kota Paris?
3.      Pusat perbelanjaan yang paling diminati di kota Paris?





BAB II PEMBAHASAN

2.1 Tempat Terindah di Paris

1. Menara Eifel

Tempat wisata ini adalah hasil rangkaian 18.083 besi yang dibangun antara 1887 dan 1889. Meski dibangun untuk merayakan seabad revolusi Perancis, pembuatannya sendiri mengundang kritik dari seluruh Perancis. Kalangan seniman menilai tidak adanya keindahan dari Eiffel, sedang para arsitektur mendebat ketahanan angin pada strukturnya. Meski begitu, ikon Perancis ini tetap setia dikunjungi jutaan orang setiap tahun. Mungkin lebih banyak orang yang ingin melihat Paris dari ketinggian 275 meter lewat Dek Observasi, termasuk Tom Cruise yang melamar Katie Holmes di restoran yang terkenal romantis. 

2. Arch de Triomphe

Di ujung lain Champ Elysee, tempat wisata yang akan agan temukan adalah bangunan menyerupai gapura besar. Arch de Triomphe dibangun Napoleon pada 1806 sebagai simbol kemenangan Perancis. Sayangnya, "Si Pendek" Napoleon keburu digulingkan sebelum bangunan ini rampung didirikan. 

3. Champ Elysee

Menjadi salah satu kawasan elit di Paris yang digunakan sebagai tempat wisata. Di sini agan akan menemukan etalase berisi barang dan parfum ternama, selain cafe-cafe mahal yang berjejer di sepanjang jalan. Kenyamanan pedestrian juga terjamin, mengingat lebarnya bagian trotoar di sini. Dulunya, bilangan ini pernah digunakan tentara Sekutu untuk berpawai merayakan kemenangan pada PD II. 

4. Place de la Conncorde

Lain lagi dengan cerita Place de la Concorde . Tempat wisata yang merupakan alun-alun terluas di Paris ini, dibangun pada 1755 di lahan seluas 86.400 meter. Ciri khas tempat ini adalah monumen dan air mancur. Dulunya, kaum bangsawan tertawa-tawa sambil menonton eksekusi terbuka para penjahat hingga penentang kerajaan. Pasca Revolusi Perancis, ganti wajah-wajah para borjuis itu yang murung menghadapi eksekusi. Nama tempat wisata ini sendiri berubah beberapa kali. Dimulai dari "Place Louis XV", "Place de la Révolution", dan terakhir "Place de la Concorde" sebagai simbol rekonsiliasi. 

5. Musee Du Louvre


Museum Louvre merupakan salah satu museum seni terbesar di seluruh dunia. Jika anda tidak menyukai seni, tetapi ingin memenuhi rasa ingin tahu anda akan lukisan Monalisa (di Paris disebut “la joconde”), atau mungkin tertarik karena buku “The da vinci Code”, anda tetap harus masuk ke museum ini. Dahulu gedung yang dijadikan museum Louvre adalah istana (Palais de Louvre) yang dibangun tahun 1190 dan mengalami tahap penyelesaian menjadi seperti gedung yang terlihat saat ini di tahun 1870. Dan tahun 1989 arsitektur Amerika asal China, I.M Pei membuat piramida kaca yang dijadikan salah satu dari 3 pintu masuk.

Untuk bisa menikmati Museum yang memamerkan lebih dari 35000 obyek seni dari jaman pra-sejarah hingga abad ke-19 ini, anda harus datang pagi-pagi sekitar jam 09.00 karena antrian yang panjang, dan anda pasti tidak akan menyia-nyiakan uang 9 euro anda setelah membayar tiket masuk.


2.2 Wisata Kuliner di Paris

1. Restoran

Seperti di negara lainnya Kota Paris juga menyediakan banyak restoran yang menyediakan berbagai macam varian makanan. Pengunjung disini biasanya memesan seteklah membaca a la carte atau varian makannan yang telah di lengkapi dengan harga tiap itemnya. Anda juga bisa memilih outlet barbel BRASSERIE jika anda lebih memilih menu dalam bentuk paket.

2. Patisserie

 Nah ditempat ini khusus menjual makanan ringan seperti kue-kue. Di paris beberapa pattiserie biasanya juga menyediakan area tearoom ruang khusus untuk menikmati makana kecil sambil bersantai di temani dengan secangkir teh hangat.

3. Cafe

Biasanya di Cafe ini menyediakan kopi, minuman ringan  dan juga menyediakan snack  ringan. Di empat ini juga bisa jadi tempat referensi santai anda untuk  bersantai sejenak di tengah ramainya kota Paris.

4. Bar





Seperti di Indonesia, begitupun di Paris juga terdapat bar yang menyediaknn kopi dan minuman beralkohol aupun non alkohol laniinya. Ternyata bukan hanya itu saja di beberapa bar di Paris menyediakan menu roti pagi khas perancis yakni Crisstant.


5. Brasserie

Jika anda menginginkan menu yang lebih tradisional, mungkin di Brasserie merupakan salah satu alternatif  tepat. Pasalnya makanan Steak fish, Sauerkraut an Oysters bakal ada disini dan melengkapi wiata kuliner anda lebih dalam lagi. pada beberapa Brasserie yang lebih besar biasanya menyediakan menu makan yang lebih mewah lagi.
Asik kan berlibur ke paris, dijamin dengan berlibur kesana dan mencicipi makanan di tempat makan yang ada disana pastinya akan menambah khasanah pengalaman kalian. Sesampainya di Indonesia pengalaman tersebut bisa dibagiakan kepada semua orang termasuk saya..heheh. Paris memang merupakan tempat favorit dan juga dambaan para turis di seluruh manacanegara.


2.3 Wisata Belanja di Paris

1. Louvre-Tuileries dan Faubourg Saint-Honore


Faubourg Saint-Honore merupakan salah satu pusat mode di Paris. Tempat tersebut merupakan destinasi terbaik bagi Anda untuk menemukan berbagai rancangan busana Creme de la creme, furnitur unik, dan kosmetik dengan kualitas terbaik. Berlokasi di lingkungan Louvre-Tuileries dan hanya terletak beberapa blok dari Opera Garnier dan Paris department store di Boulevard Haussmann.
Di Saint-Honore ini Anda dapat menemukan berbagai macam brand fashion klasik kelas atas seperti Versace, Hermes, Yves Saint Laurent, dan Colette.

2. Paris Department Stores District - Boulevard Haussmann


Pusat perbelanjaan ini merupakan salah satu tujuan wajib bagi para turis untuk berbelanja. Di sini Anda bisa menemukan berbagai jenis barang mulai dari fashion, kuliner khas Paris, desain rumah, bahkan perhiasan. Di pusat perbelanjaan ini, Galeries Lafayette dan Printemps department store mendominasi Boulevard Haussmann dengan kemegahan asli dari Belle Epoque.

3. The Marais


Bagi para pecinta seni dan kolektor barang-barang yang unik, The Marais adalah tempat yang tepat. Di sana Anda bisa menemukan beragam produk fashion yang tidak biasa, perhiasan unik dan berbagai barang antik, serta seni rupa lainnya. Cobalah belanja barang antik atau seni rupa di Place des Vosges, atau manjakan mata dengan berbelanja perhiasan di butik-butik seperti Rue des Francs-Bourgeois. Anda bisa juga menjelajahi butik-butik yang menampilkan rancangan desainer terbaru di Rosiers Rue des.


4. Avenue Montaigne dan Avenue des Champs-Elysees


Tempat tersebut adalah pusatnya para pecinta fashion. Di tempat ini Anda akan menemukan berbagai macam rancangan desainer legendaris seperti Chanel, Louis Vuitton dan Dior di sepanjang jalannya. Selain itu, Anda juga bisa berbelanja di toko retail favorit dunia seperti Zara. Setelah puas berbelanja, manjakan lidah Anda dengan manisnya macaroon legendaris di Laduree.

5. Saint-Ouen Flea Market

Bagi para penggila belanja barang berupa fashion item vintage, unik dan murah, Saint-Ouen Flea Market bisa menjadi tempat yang tepat. Terletak di ujung utara Paris, puces les adalah tempat belanja yang wajib Anda kunjungi, di sini Anda bisa mendapatkan barang vintage, mulai dari baju, sepatu, hingga lukisan antik. Jika beruntung, Anda juga bisa menemukan barang-barang branded dengan harga murah.
Bagi para penggila belanja barang berupa fashion item vintage, unik dan murah, Saint-Ouen Flea Market bisa menjadi tempat yang tepat. Terletak di ujung utara Paris, puces les adalah tempat belanja yang wajib Anda kunjungi, di sini Anda bisa mendapatkan barang vintage, mulai dari baju, sepatu, hingga lukisan antik. Jika beruntung, Anda juga bisa menemukan barang-barang branded dengan harga murah.

6. Les Halles dan Rue de Rivoli

Les Halles adalah pusat perbelanjaan bawah tanah yang diresmikan sebagai daerah perbelanjaan utama pada abad 20. Di sana Anda akan merasa seperti di labirin. Anda akan berbelanja sambil berpetualang karena tempatnya yang terbilang luas. Begitu juga dengan Rue de Rivoli, di daerah Rue Montorgueil. Beragam butik kontemporer unik ada di sana, termasuk Barbara Bui dan karya-karya desainer muda di Paris.


BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan


Dari pembahasan diatas dapat saya simpulkan bahwa kota Paris memang kota romantic dan kota terindah yang wajib dikunjungi. Karena Paris memiliki 5 tempat terindah yaitu salah satunya Menara Eifel yang merupakan symbol dari kota Paris dan salah satu tujuan wisata yang tidak boleh ketinggalan terutama oleh kaum remaja karena di Menara Eifel adalah tempat yang paling romantis. Selain itu ada Arch de Triomphe, Champ Elysee, Place de la Concorde dan Musee Du Louvre. Ada juga wisata kuliner yang paling dicari para wisatawan salah satunya adalah Brasserie yang menyediakan menu tradisional Paris. Dan jangan sampai ketinggalan setelah menikmati indahnya kota Paris kita bisa berbelanja di pusat perbelanjaan yang memang lagi-lagi diminati oleh wisatawan yaitu Louvre-Tuileries dan Faubourg Saint-Honore yang merupakan pusat perbelanjaan furniture unik serta berbagai kosmetik yang berkualitas, ada juga Paris Department Stores District - Boulevard Haussmann yang menyediakan berbagai jenis barang mulai dari fashion, desain rumah bahkan perhiasaan, dan masih banyak yang lainnya.

3.2 Saran

Paris memang tujuan wisata yang tidak salah atau tepat untuk para wisatawan yang memang masih bingung untuk berlibur. Karena di Paris kota dari segala kota terindah dan terromantis didunia. Tidak salah jika kita mulai menabung dan menyisihkan uang dari sekarang untuk pergi berwisata ke Paris atau dengan mendapatkan beasiswa studi ke Paris. Ayo ke Paris nikmati keindahan segala macam wisata yang ada disana.  


DAFTAR PUSTAKA

http://wahw33d.blogspot.com/2010/06/5-tempat-terindah-di-paris-perancis.html http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/2010/05/5-tempat-keren-di-paris.html
www.letoutpetit.fr, www.stores-fiandino.fr, en.wikipedia.org,www.umagoya.net
id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata











Tidak ada komentar:

Posting Komentar