Sabtu, 08 November 2014

Compiere

Pengertian Compiere
Compiere adalah sebuah software ERP merupakan sebuah software ERP berbasis open source pertama kali dan merupakan salah satu software ERP yang paling popular saat ini. Compiere yang di bangun dengan menggunakan Java J2EE dapat di jalankan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, dll.

Menu-menu yang terdapat dalam Compiere adalah
a.       Application Dictionary : menu ini mengenai konfigurasi menu apa saja yang terdapat dalam aplikasi Compiere.
b.      Quote-to-Invoice : menu ini mengenai daftar kutipan faktur dari kuota yang dipesan siap dikirim dan yang dikirim dalam waktu yang berbeda.
c.       Requisition-to-Invoice : menu ini mengenai daftar permintaan faktur dari transaksi yang terjadi dalam Compiere.
d.      Material Management : membuat customer shipment dalam tumpukan atau individu per order dan membandingkannya dengan Purchase Order atau Vendor Invoice.
e.       Performance Analysis : menjelaskan tentang Pembayaran dan dimensi Akuntansi dalam suatu aplikasi, dalam system traditional kita mengenalnya dengan sebutan Neraca dan Jurnal Umum yang terhubung dengan pemasukkan data akuntansi dalam compiere.
f.       Service : menu ini mengenai layanan yang disediakan suatu persuahaan dalam Compiere.
g.      Assets : menu ini mengenai keadaan aset dari suatu perusahaan yang tercantum informasinya dalam Compiere.
h.      Partner Relation Management : partner management yang menghubungkan beberapa client dimana masing – masing client melakukan distribusi management dan request data.
i.        Open items : meni ini untuk membuka item-item yang terdapat dalam Compiere.

Modul-modul yang terdapat dalam Compiere adalah
a.       Quote to cash
Adalah modul untuk menjalankan proses penjualan, pembuatan penawaran ke pelanggan, serta melakukan penagihan pembayaran. Dapat pula membuat invoice dan menerima pembayaran dari pelanggan.
b.      Requisition to pay
Bagian ini berfungsi untuk mengendalikan proses pembelian barang, penjadwalan hutang, serta mengatur pembayaran ke pemasok.

c.       Supply chain management
Adalah modul untuk mengendalikan stok barang sehingga kondisi stok yang tersedia dapat selalu dipantau. Selain itu juga memonitor status barang-barang yang dibeli dari pemasok maupun yang akan dikirim ke pelanggan
d.      Customer Relationship management
Berfungsi untuk mengelola data pelanggan dan partner bisnis. Selain itu juga dapat mengatur berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pelanggan seperti penjualan, surat menyurat, pengiriman brosur,dan lain-lain.
e.       Performance analisis
Modul ini adalah modul akuntansi dalam compiere, mencatat semua transaksi yang terjadi di perusahaan dan menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan. Pada modul ini dapat dilihat posisi keuangan dan laba rugi perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar